Search

Custom Search

Selasa, 21 Februari 2012

KUNCI KESUKSESAN DALAM KEHIDUPAN TERDIRI DARI 6 KATA

Jangan Pernah takut, Jangan Pernah Menyesal


Dikisahkan disebuah dusun terpencil, tinggalah seorang pemuda yang ingin pergi mengembara ke negeri orang untuk merubah nasib, saat menjelang keberangkatan muncul dihatinya perasaan takut, cemas dan ragu.
Untuk memantapkan tekadnya pergilah sang pemuda menghadap sesepuh warga atau paling tua untuk meminta petunjuk, mohon restu, sekaligus berpamitan. Mendengar niat pemuda ini, sang sesepuh dengan gembira berkata : " Anakku rahasia kehidupan ini hanya terdiri dari 6 kata, dan hari ini aku berikan setengahnya dulu sebagai bekal kepergianmu, dan ia menulis 3 kata, yaitu Bu Yao Pa ( Jangan pernah takut ) "
Tidak terasa 30 tahun sudah berlalu, berbagai macam suka dan duka telah dijalani, dengan modal tidak takut ia berjuang penuh totalitas akhirnya ia berhasil merubah nasib, namun dalam keberhasilannya, sang pemuda merasa ada sesuatu yang kurang sempurna dan disesalinya, maka dia ingin pulang desa, bertemu dengan sang sesepuh untuk meminta sisa 3 kata yang pernah dijanjikan, sayangnya sesampai didesa ternyata sang sesepuh telah meninggal dunia, tetapi ada sepucuk surat wasiat yang ditinggalkan untuknya, karena sang sesepuh tahu bahwa suatu hari ia akan kembali. sepakya dibukalah surat itu, didalamnya berisi pesan 3 kata Yaitu Bu Ho Wei ( Jangan pernah menyesal ).
Begitu selesai membaca kata-kata "Jangan Pernah Menyesal" secara spontan perasaan menyesal yang membebaninya selama ini langsung hilang, persaannya menjadi ringan plong dan gembira.
Sungguh berbobot 6 kata bijak tersebut " Jangan pernah takut dan jangan pernah Menyesal ", tidak terkecuali saya, anda, dan kita semua juga membutuhkan 6 kata bijak tadi.
Jangan takut menentukan cita-cita yang tinggi, jangan takut mencoba dan memulai, jangan takut menerima tantangan, jangan takut memeras keringat, jangan takut mengemban tanggung jawab yang lebih besar.
Namun ada kalanya hasil perjuangan tidak sesuai dengan harapan, hambatan demi hambatan seolah memang diciptakan untuk menghadang kita, perjuangan pun bisa gagal total, ini bisa membuat kita merasa diliputi ketidakpuasan, kecewa, penyesalan, pada keadaan seperti ini 3 kata bijak berikutnya " Jangan pernah menyesal ", bisa menjadi kunci kebangkitan kita, buang jauh-jauh pikiran negatif, penyesalan tidak akan dapat merubah apapun, malah hanya membebani dan menghambat langkah kita kedepan, mampu menerima hasil perjuangan apa adanya adalah bijaksana tetapi mau tetap bangkit dengan apa adanya kita hari ini adalah luar biasa.
Selama kita tetap berjuang memberikan yang terbaik dari yang kita miliki, apapun hasilnya, sukses atau gagal yang pasti semangat perjuangan itu telah memiliki nilai kesuksesan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi kotak komentar yang tersedia dan lengkapi identitas anda